Prodi : Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

 

Informasi Singkat Program Studi

a. Ijin Operasional  : 6962/D/TK-V/2011

    Klik Download

b. Terakreditasi B : BAN PT

    (2012-2017)

Sertifikat Akreditasi B Klik Download

c. Terakreditasi B : BAN PT

    (2017-2022)

Sertifikat Akreditasi B Klik Download

d. Terakreditasi B : BAN PT (No. 3583/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/VI/2022

    (2022-2027)

Sertifikat Akreditasi B Klik Download

 

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Prodi PEP-DPsP UST telah diselenggarakan sejak tahun Akademik 2008/2009 berdasarkan surat ijin Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebidayaan Republik Indonesia Nomor 2853/D/T/2008 tanggal 27 Agustus 2008. Pada tanggal 8 Juni 2012 prodi PEP tersebut telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT) dengan capaian nilai 314 dalam kategori B.

VISI DAN MISI

Visi Prodi PEP adalah :

"Menjadi Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan yang Unggul dan berkarakter di Asia Tenggara berdasarkan Nilai-nilai luhur Ajaran Tamansiswa pada Tahun 2025"

Pengertian unggul dalam hal ini adalah lebih dari yang lain, Prodi PEP memiliki kekhasan yaitu menerapkan ajaran Tamansiswa  dalam penyelenggaraan pendidikan, sehingga  lulusan yang dihasilkan Prodi PEP UST tidak hanya menguasai bidang keilmuan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan namun juga berjiwa merdeka, berbudaya luhur, dan mengabdi kepada bangsa. Indikator keunggulan Program Studi  PEP ditunjukkan oleh:

  1. Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan:
    • Proses pembelajaran mengembangkan sistem among;
    • Suasana pembelajaran yang humanis
    • Pembelajaran menggunakan prinsip niteni, niroke, nambahi;
    • Lulusan yang memiliki kepribadian “Tertib Damai Salam Bahagia”. Tertib lahirnya, damai batinnya, salam atau selamat dan bahagia yaitu perasaan senang, gembira dan bergairah dalam menjalankan tugas kehidupannya.
  2. Unggul dalam pelaksanaan penelitian dan Evaluasi yang mengkaji dan mengembangkan ilmu Penelitian dan Evaluasi Pendidikan  yang meliputi pengukuran, pengembangan instrumen, evaluasi pendidikan yang memiliki kekhasan dengan  berdasarkan nilai-nilai luhur ajaran Tamansiswa;
  3. Unggul dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil   kajian dan penelitian melalui pembudayaan luhur ajaran Tamansiswa
  4. Unggul dalam pengembangan kerjasama yang menerapkan prinsip kooperatif  dan konsultatif.

Misi Prodi PEP:

"Melaksanakan Caturdharma dalam Menghasilkan Lulusan Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Yang Unggul Berdasarkan Ajaran Tamansiswa"

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dengan kualitas unggul dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan berdasarkan ajaran Tamansiswa
  2. Melaksanakan penelitian bidang pengukuran, pengembangan instrumen, evaluasi pendidikan, penelitian tindakan kelas dan bidang PEP lainnya berdasarkan ajaran Tamansiswa serta melaksanakan publikasi ilmiah baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang penelitian dan evaluasi pendidikan berdasarkan hasil kajian dan penelitian dosen serta mahasiswa yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat dan kebangsaan berdasarkan ajaran Tamansiswa
  4. Melaksanakan pembudayaan luhur ajaran Tamansiswa;
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan Prodi dan Institusi berdasarkan ajaran Tamansiswa

Tujuan Prodi PEP:

  1. Menghasilkan magister PEP yang profesional, yang mampu merancang, mengorganisasi, dan melakukan penelitian, evaluasi, dan penilaian pendidikan dengan memanfaatkan teknologi informasi berdasarkan ajaran Tamansiswa
  2. Menghasilkan karya penelitian, kajian dan publikasi karya ilmiah tingkat nasional dan internasional yang berkontribusi dalam mengembangkan keilmuan bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran, dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Menghasilkan berbagai program pelestarian dan pengembangan Kebudayaan Nasional berbasis ranah penelitian dan evaluasi pendidikan.
  5. Menghasilkan program-program kerjasama dengan berbagai institusi di dalam dan luar negeri yang dapat mengembangkan prodi dan Institusi secara maksimal.

Sikap Dan Keterampilan Lulusan

adalah menghasilkan lulusan bergelar Magister yang memiliki sikap dan ketrampilan umum seba gaimana tercantum dalam Permendikbud  R.I. Nomor  49/tahun 2014 dengan secara khusus sbb :

  1. memiliki sikap terbuka , kritis, dan tanggap terhadap kemajuan ilmu dan teknologi khususnya yang relevan dengan bidang ilmu pendidikan
  2. menguasai berbagai metode penelitian dan evaluasi bidang pendidikan
  3. mampu merancang, mengorganisasikan, dan melakukan penelitian dan evaluasi pendidikan sesuai tujuan yang akan dicapai
  4. mampu mengembangkan metode penelitian dan evaluasi pendidikan sesuai tuntutan kebutuhan.

 

KURIKULUM

Kurikulum prodi PEP terdiri atas 2 bagian :

  1. bagian matakuliah wajib
  2. bagian matakuliah pilihan

Jumlah SKS yang wajib ditempuh  adalah 42 sks.

Struktur Kurikulum

Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

No

Kode

Mata Kuliah

Semester & SKS

Jml SKS

I

II

III

IV

1

Mata Kuliah Wajib

 

 

 

 

 

 

1

 PEP15101

Filsafat Ilmu & Landasan Pendidikan

3

 

 

 

 

 

2

 PEP15102

Bahasa Inggris

1

 

 

 

 

 

3

 PEP15103

Metodologi Penelitian

3

 

 

 

 

 

4

 PEP15104

Statistika Dasar

3

 

 

 

 

 

5

 PEP15105

Metode Penelitian Kualitatif

3

 

 

 

13

 

6

 PEP15206

Desain & Analis Eksperimen

 

3

 

 

 

 

7

 PEP15207

Evaluasi Program Pendidikan

 

3

 

 

 

 

8

 PEP15208

Teori Tes dan Evaluasi Belajar

 

3

 

 

 

 

9

 PEP15209

Pengolahan Data & Komputer

 

1

 

 

 

 

10

 PEP15210

Statistika Terapan

 

3

 

 

13

 

11

 PEP15313

Kontruksi dan Pembakuan Instrumen

   

2

   
 

12

 PEP15314

Penelitian Tindakan Kelas

   

2

   

 

13

 PEP15315

Seminar Proposal Tesis

 

 

2

 

6

 

14

 PEP15416

Tesis

 

 

 

6

6

2

Mata Kuliah Pilihan

 

 

 

 

 

A

Konsentrasi Evaluasi

 

 

 

 

 

 

15

 PEP15311

Evaluasi dan Analis Kebijakan

 

 

2

 

 

 

16

 PEP15312

Manajemen Evaluasi Program

 

 

2

 

4

B

Konsentrasi Pengukuran

 

 

 

 

 

 

17

 PEP15317

Teori Respon Butir

 

 

2

 

 

 

18

 PEP15318

Manajemen Pengukuran

 

 

2

 

4

 

 

 

 

13

13

10

6

42

 

Penjelasan : ada 3 mata kuliah yang mengalami perubahan nama, yakni mata kuliah :

  1. Teori Tes Klasik dan Modern : diganti Teori Tes dan Evaluasi Belajar, alasannya Teori Tes dan Evaluasi Belajar lebih relevan dengan kebutuhan para mahasiswa (guru) dalamtugasnya sehari-hari.
  2. Statistika Lanjut : diganti Statistika Terapan  sebab agar tidak terkesan sangat sulit bagi para mahasiwa (guru)
  3. Action Research : diganti Penelitian Tindakan Kelas (PTK) agar lebih bersifat praktis dan aplikatif bermanfaat bagi mahasiswa (guru)
Tags : pep
Banner
SMS Center
PMB
Peninjauan Kurikulum
BIAYA PMB 2023/2024
Online Support
Statistik Member
Member:224 Orang
Member Aktif:224 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net