KEJUTAN WEBOMETRICS 2021, UST MASUK 100 BESAR PT TERBAIK DI INDONESIA (Prof. Dr Ki Supriyoko, M.Pd.)

Bookmark and Share
17 Maret 2021 - 04:27:03 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 699
KEJUTAN WEBOMETRICS 2021, UST MASUK 100 BESAR PT TERBAIK DI INDONESIA (Prof. Dr Ki Supriyoko, M.Pd.)

Humas. 16/02/2021. Ada kejutan yang terjadi dalam publikasi Internasional ‘Ranking Web of Universities 2021’. Yakni terlemparnya Universitas Harvard dalam kelompok sepuluh perguruan tinggi terbaik dunia versi Dewan Tinggi Penyelidikan Ilmiah Spanyol yang lebih dikenal dengan Consejo Superior de Investigaiones Cientificas (CSIC).

            Seperti kita ketahui dalam beberapa tahun terakhir, tiap akhir Januari, CSIC selalu mempublikasi peringkat perguruan tinggi berkualitas dunia. Setiap publikasi sekitar 2.000 perguruan tinggi disajikan kepada masyarakat dunia, khususnya masyarakat perguruan tinggi, berdasarkan capaian peringkatnya. Asumsinya, makin tinggi peringkat makin tinggi pula kualitas perguran tinggi bersangkutan. Selama ini Universitas Harvard yang berlokasi di Cambridge Massachusetts Amerika Serikat (AS) selalu berada dalam kelompok lima besar perguruan tinggi terbaik Dunia. Tahun lalu bahkan bertengger di peringkat ke-1, alias perguruan tinggi terbaik dunia, tetapi kali ini posisinya terlempar di peringkat ke-13. Universitas Harvard kalah jauh dibanding Universitas Washington (ke-1) dan Universitas Cornell (ke-2), bahkan dengan Universitas Toronto (ke-6) yang berkiprah di Canada. Apakah kejutan seperti tersebut juga terjadi di tingkat regional?

            Kalau kita bicara regional terjadi terjadi pula. Dalam publikasi beberapa tahun terakhir setidaknya ada satu perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik Asia, tetapi kali ini tidak ada satu pun yang masuk di dalamnya.

            Kalau bicara tingkat dunia, biasanya ada tiga perguruan tinggi Indonesia yang masuk dalam daftar 1.000 perguruan tinggi terbaik Dunia. Tetapi kali ini hanya ada satu yang masuk di dalamnya yaitu Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta yang berada di peringkat ke 810. Bagaimana dengan Universitas Indonesia (UI) Jakarta dan Institut Teknologi Bandung (ITB) Bandung? UI Jakarta terlempar di peringkat ke-1.315 dan ITB Bandung ke-1.647.

            Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor yang mulai berkibar hanya berhasil mencapai peringkat ke-1.088. Bertahannya UGM Yogyakarta dalam blantika perguruan tinggi terbaik dunia ternyata dapat menyelamatkan muka Indonesia dalam kancah pergaulan akademisi masyarakat Internasional. Peringkat UGM yang berkiprah di Kota Pendidikan Yogyakarta ternyata berada di atas perguruan tinggi terbaik dunia dari negara-negara maju seperti AS, Jerman, Rusia, Inggris, Jepang, Korea Selatan, dan sebagainya. Apabila kita perhatikan dengan teliti publikasi CSIC tersebut ternyata peringkat UGM Yogyakarta (ke-810) di atas Universitas Michigan Pusat (Michigan AS, ke-821), Universitas Augsburg (Augsburg Jerman ke-839).

Di Asia Pasifik, UGM Yogyakarta peringkat ke-190 ‘mengalahkan’ perguruan tinggi di negara maju seperti Universitas Kanazawa (Kanazawa Jepang ke-199) dan Universitas Sains Tokyo (Tokyo, Jepang) dan lainnya. Selain dalam skala internasional dan regional yang ada kejutan ternyata di tingkat nasional juga ada kejutan. Di Indonesia misalnya, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta yang selama ini tidak pernah masuk perguruan tinggi terbaik Indonesia kali ini ada di peringkat ke-93.

PTS warisan Ki Hadjar Dewantara ini lebih unggul daripada Universitas Wanita Fukuoka (Fukuoa, Jepang) ke-6.012, Universitas Daejin (Pocheon, Korea Selatan) dan sebagainya. Apakah perguruan tinggi yang peringkatnya turun dibanding publkasi sebelumnya berarti mutunya menurun? Secara internal belum tentu menurun tetapi secara eksternal menurun. Misalnya Universitas Harvard tahun lalu peringkat ke-1 dan sekarang ke-13.

Sedangkan ke-1 digantikan Universitas Washington. Artinya belum tentu mutu Harvard menurun dan mungkin saja meningkat, tetapi lompatan peningkatan mutunya kalah cepat dibanding Washington. Kalau peringkat UST Yogyakarta ke-93 sedangkan ISI Surakarta ke-98, UMB Yogyakarta ke 102, UIN Walisongo Semarang ke 110, Unisma Malang ke-143 hal ini berarti UST Yogyakarta lebih tinggi. Itulah kejutan Webometrics 2021.

(Penulis adalah Direktur Pascasarjana Pendidikan UST Yogyakarta serta Wakil Presiden Pan-Pacific Association of Private Education (PAPE) bermarkas di Tokyo, Jepang)-f.


Salam Humas

Ki RM

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 198 + 3 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Online Support
Statistik Member
Member:225 Orang
Member Aktif:225 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:258107
Total Hits:910191
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net