S2 DIKDAS UST RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG BERKARAKTER

Bookmark and Share
17 Maret 2021 - 06:59:32 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 782
S2 DIKDAS UST RESMI DIBUKA UNTUK MENCETAK MAGISTER YANG BERKARAKTER

 

 

Humas. 29/01/2021. S2 Dikdas Pascadik UST resmi dibuka berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1209/M/2020. Penyerahan Salinan SK S2 Dikdas tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Januari 2021, bertempat di Ruang Senat Gedung Pusat Kampus Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Penyerahan Salinan keputusan diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V, Prof Dr Didi Achjari., S.E.M.Kom., Akt didampingi oleh Sekretaris Lembaga Bapak Bhimo Widyo Andoko., S.H., M.H kepada Rektor UST Prof. Drs. H. Pardimin., M.Pd., Ph.D.


Profil S2 Diksas Pascadik UST Yogyakarta

Program Studi Magister Pendidikan Dasar (Dikdas) (Elementary Education) Pascasarjana Pendidikan (Pascadik) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) merupakan Program Studi Magister Pendidikan Dasar berfokus pada kegiatan pembelajaran bidang pendidikan dasar dan pemenuhan kebutuhan pendidik dalam sistem sekolah dasar dengan penerapan softskill dan hardskill untuk menjawab isu terkait pengembangan Pendidikan Dasar.

S2 Dikdas Pascadik UST memiliki beberapa keunggulan dan keunikan yaitu menerapkan ajaran Tamansiswa dalam kegiatan caturdharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional, untuk menghasilkan lulusan yang unggul, berkarakter, cinta pada ibu pertiwi (nasionalis), berbudi pekerti luhur, serta mampu beradaptasi dalam menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan. Lulusan juga dibekali dengan keahlian enam bidang studi di SD yang meliputi Pengembangan IPA SD, Matematika SD, Bahasa dan Sastra Indonesia SD, IPS SD, PPKn SD, dan SBdP SD.

 

Keunggulan Program Studi

  1. Menerapkan  ajaran Tamansiswa dalam kegiatan caturdharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta pelestarian dan pengembangan kebudayaan nasional
  2. Mahasiswa dibekali keahlian 6 (enam) bidang studi yang meliputi Pengembangan IPA SD, Matematika SD, Bahasa dan Sastra Indonesia SD, IPS SD, PPKn SD, dan SBdP SD
  3. Kurikulum Prodi Magister Pendidikan Dasar DPsP UST memfasilitasi mahasiswa dalam pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengambil mata kuliah penguat kompetensi di prodi lain di UST.

 

Profil Lulusan Program Studi

  1. Pendidik profesional (dosen) bidang pendidikan dasar yang mampu mengembangkan inovasi pembelajaran melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta berkarakter, kritis, inovatif, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisiplin serta mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan.
  3. Konsultan pendidikan dasar yang mampu memberikan konsultasi dalam bidang penelitian dan pengembangan kurikulum, pembelajaran, kebijakan dan tata kelola.
  4. Praktisi pendidikan dasar (guru, pengawas, kepala sekolah, dan pengelola sekolah dasar) yang mampu menerapkan dan mengembangkan inovasi, manajamen, dan pengelolaan pendidikan. Program Magister

 

Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi

Visi Program Studi

Pada tahun 2026 Program Studi Magister Pendidikan Dasar menjadi prodi unggul yang mampu menghasilkan magister pendidikan dasar yang cerdas, profesional, berkarakter, berbudi pekerti luhur, dan mampu berkontribusi dalam memajukan pendidikan dasar.

 

Misi Program Studi

Menghasilkan Sumberdaya Manusia yang unggul dalam bidang Pendidikan Dasar, berwawasan global, relevan dengan kebutuhan pembangunan, nasionalis, berkarakter, dan berbudi pekerti luhur. Lulusan yang mampu mendukung pengembangan IPTEKS sesuai dengan perubahan-perubahan sosial masyarakat di era global, dengan menghasilkan karya akademik dan temuan-temuan yang bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat saat ini dan masa mendatang.


Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memahami secara mendalam dan mampu mengembangkan berbagai konsep dan prinsip-prinsip dalam pendidikan dasar dan teori-teori pendidikan.
  2. Menghasilkan lulusan yang memahami secara luas dan mendalam problem dan isu-isu terkini yang terkait dengan pendidikan dasar saat ini dan masa mendatang.
  3. Menghasilkan karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian di bidang pendidikan dasar yang dipublikasikan pada jurnal nasional maupun internasional.
  4. Mengembangkan pendidikan dan kebudayaan dengan berasaskan Ajaran Tamansiswa.
  5. Menghasilkan jejaring kerja sama yang sinergis dengan berbagai lembaga baik dalam negeri maupun luar negeri dalam bidang pendidikan dasar untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan prodi.


Pengajar

Program Magister Pendidikan Dasar (Elementary Education) DPsP UST dikelola oleh para dosen tetap yang berkompeten.

  1. Prof. Drs. H. Pardimin, M.Pd., Ph.D.
  2. Dr. Dafid Slamet Setiana, M.Pd.
  3. Dr. Heri Maria Zulfiati, S.Pd., M.Pd.
  4. Dr. Rosidah Aliim Hidayat, M.Pd.
  5. Dr. Ana Fitrotun Nisa, S.Pd.I., M.Pd.I.
  6. Dr. Oktaviani Windra Puspita, M.Pd.

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru S2 Dikdas Pascadik UST Semester  Genap 2020/2021 ini dibuka sampai dengan tanggal 13 Februari 2021.

Informasi Pendaftaran: 082225266111, 085879939967, 089647204929.

Selamat UST Yogyakarta, Selamat S2 Dikdas Pascadik UST Yogyakarta, Selamat Datang Calon Mahasiswa Baru S2 Dikdas Pascadik UST Yogyakarta di Kampus Kebangsaan.

Salam Humas

Ki RM


 

 

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 190 + 5 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Online Support
Statistik Member
Member:225 Orang
Member Aktif:225 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:258111
Total Hits:910263
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net