Merdeka Belajar Perlu Didukung Suasana Kekeluargaan

Bookmark and Share
17 April 2020 - 11:15:31 » Diposting oleh : rahmatmulyono » Hits : 833
Merdeka Belajar Perlu Didukung Suasana Kekeluargaan

Kebijakan Merdeka Belajar yang digagas oleh Mendikbud Nadiem Makarim secara umum ada yang sudah relevan dengan konsep pendidikan Tamansiswa, namun ada pula yang kurang relevan. Seluruh kebijakan Merdeka Belajar tersebut bisa saja dibuat selaras dengan ajaran Tamansiswa, apabila implementasi dan operasionalnya sengaja diselaraskan.

Demikian dikatakan Direktur Pascasarjana Pendidikan, Unviversitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), Prof Dr Supriyoko MPd dalam Seminar Nasional ‘Implementasi Merdeka Belajar Berdasarkan Ajaran Tamansiswa’ di Ballroom Hotel Sahid Raya Yogyakarta, Sabtu (7/3/2020). Seminar diselenggarakan Direktorat Pascasarjana Pendidikan UST, menghadirkan dua pembicara lain yaitu Dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Prof Dr Siti Masitoh MPd dan Profesor Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Prof Soesanto MSc. Seminar diikuti 250 peserta terdiri dosen, guru, praktisi pendidikan dan mahasiswa dari berbagai wilayah di Indonesia. Peserta juga mempresentasikan makalahnya.

Dijelaskan Prof Supriyoko, esensi kebijakan merdeka belajar yang digagas oleh Mendikbud Nadiem Makarim adalah kemerdekaan berfikir dan bertindak pada insan pendidikan dalam mengembangkan program pendidikan tanpa terikat banyaknya peraturan yang mengikat kemerdekaannya itu sendiri. Implementasinya antara lain Ujian Nasional (UN) diganti asesmen kompetensi minimum dan survei karakter, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dikembalikan di sekolah, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disederhanakan dan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah dikembangkan menjadi sistem zonasi yang diperluas.

Dimuat di Harian Kedaulatan Rakyat, Selasa, tanggal 10 Maret 2020.

Info Terkait

Tinggalkan Komentar

  • Nama
  • Website
  • Komentar
  • Kode Verifikasi
  • 174 + 6 = ?
Banner
SMS Center
PMB
Online Support
Statistik Member
Member:225 Orang
Member Aktif:225 Orang
Member Baru Hari Ini:0 Orang
Statistik Pengunjung
Pengunjung Online:1
Total Pengunjung:258108
Total Hits:910219
Copyright © 2014 Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. All Rights Reserved
Developed by Beesolution.Net