Magister Pendidikan Bahasa Inggris. 19 September 2020. Kegiatan Focus Group Discussion ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang didanai oleh Pusat Penelitian Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Focus Group ini mendiskusikan upaya sekolah di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengembangkan model pembelajarn untuk menguatkan karakter siswa dalam pembelajaran selama belajar dari rumah pada masa pandemic Covid 19. Upaya tersebut dilakukan untuk mentup kesenjangan ketercapain kompetensi sikap yang tidak dapat diperoleh secara maksimal melalui pembelajaran daring. Dengan Model Penguatan Karakter 4N Ki Hajar Dewantara terbukti para para pengawas lebih terarah dalam melakukan pendampingan dalam pelaksanaakan pengintegrasian karakter. Guru juga dapat mengintegrasikan muatan karakter lebih efektif dan terbukti siswa juga dapat menginternalisasikan karakter dengan baik melalui tahapan Niteni, Nirokke, Nambahi, dan Nularke.
Bertindak sebagai narasumber dalam Focus Group Discussion ini adalah Dr. Siti Rohmiyati, M.Pd. (Kepala LP3M UST). Kegiatan ini dihadiri oleh Pengawas Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kota Yogyakarta. Para Pengawas Sekolah bertindak sebagai narasumber dan peserta. Tiga sekolah dari masing-masing kabupaten dan kota ikut berpartisipasi dalam focus group discussion ini. Setiap sekolah mengirimkan Kepala Sekolah dan tiga gurunya. Berikut adalah sekolah yang berpartisipasi dalam Focus Group Discussion tersebut.
Kabupaten Sleman |
Kabupaten Bantul |
Kota Yogyakarta |
SMP Negeri 1 Sleman SMP Negeri 3 Sleman SMP Santo Aloysius Turi Sleman |
SMP Negeri 1 Pundong SMP Negeri 2 Imogiri SMP Ma’arif Imogiri |
SMP Negeri 1 Yogyakarta SMP Negeri 2 Yogyakarta SMP Pangudi Luhur |
Member | : | 224 Orang |
Member Aktif | : | 224 Orang |
Member Baru Hari Ini | : | 0 Orang |